PENGARUH ORIENTASI BELANJA DAN PERBEDAAN GENDER TERHADAP PENCARIAN INFORMASI ONLINE DAN BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG

  • Dwi Sudjanarti Politeknik Negeri Malang
  • Umi Khabibah Politeknik Negeri Malang
  • Tri Istining Wardani Politeknik Negeri Malang
Keywords: orientasi belanja, belanja online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja terhadap pencarian informasionlinedan belanjaonline, serta perbedaan laki-laki dan perempuan dalam orientasi belanja.Jenis penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif kausal. Populasi penelitian adalah mahasiswaJurusan Administrasi Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2017/2018 yang pernah melakukan pembelianonline.Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 94 responden menggunakan teknikpurposive random sampling.Analisisdata menggunakan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh orientasi belanja terhadap pencarian informasionlinedanbelanjaonline, kemudian dilanjutkan dengan ujiindependent sample T testuntuk melihat perbedaan laki-laki dan perempuandalamorientasi belanja.Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi belanja tidak berpengaruh terhadap pencarianinformasionlinedengan t hitung 0,547 < t tabel 1,66159. Orientasi belanjaberpengaruh terhadap belanjaonlinedengan t
hitung 2,609 > t tabel 1,66159. Persamaan regresi sederhana yang didapatkan yaitu Y1= 7,898 + 0,013 X dan Y2=
2,492 + 0,082 X.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan orientasi belanja atara laki-laki dan perempuan.

References

Algifari, 2013.Analisis regresi: Teori, kasus dan solusi(ed.2), Yogyakarta, BPFE.

Azwar, S., 2008.Penyusunan skala psikologi,Yogayakarta, Pustaka Pelajar.

Bearden, et al, 2001.Marketing: Priciples and Perspectives (3rded.), New York, Mc.Graw-Hill.

Bakewell, Cathy and Mitchell, Vincent Wayne, 2003. Generation Y female consumer decision-making styles,International Journal of Retail & Distribution Management,Volume 31.Number 2# MCB UP Limited.2003 ISSN 0959-0552pp. 95-106 available athttp://www.emeraldinsight. com/researchregister

Chen, Chun-An, 2009.Information-Oriented Online Shopping Behavior in Electric Commerce Environment, Journal ofSoftware, vol. 4, No. 4.

Ghozali, Imam, 2013.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam IBM SPSS 21, Edisi 5, Semarang, UniversitasDiponegoro.

Hidayat ,Wicaksono Surya., 2013. Orang Indonesia gemar berbagi belanja online, di akses pada 5 Juli 2018,http://tekno.kompas.com/read/2013/05/04/14084839/orang.indonesia.gemar.quotberbagiquot.bela

nja.online.

Ishak, A., 2012.Analisis kepuasan pelanggan dalam belanja online sebuah studi tentang penyebab (antecedents) dankonsekuensi (consequents). Jurnal Siasat Bisnis, 16 (2).

Korgaonkar, Tulay Girard Pradeep and Silverblatt, Ronnie, 2003.Relationship of Type of Product, Shopping Orientationsand Demographics with Preference for Shopping in theInternet, Journal of Businessand Psychology, Vol. 18, No.1. ,pp.101-120.

Kotler, Philip and Keller,Kevin Lane, 2007.ManajemenPemasaran, Edisi 11, Jilid 2, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, Kevin, L., 2012.Marketing management(14 th ed.). Harlow: Pearson Education, Inc.

Kwek et al., 2010,Investigating the ShoppingOrientationsonOnline PurchaseIntention in the e-Commerce Environment: AMalaysian Study, Journal of Internet Banking and Commerce,August, Vol.15, No.2, 2010, 1-22.

Lim et al., 2010.Online Search andBuying Behavior:Malaysian Experience, Canadian Social Science, vol. 6, No.4.

Magie, Anna Ashlock, 2008.An Analysis of Lifestyle,Shopping Orientations, Shopping Behaviors and ShoppingInvolvement Among Teens Aged 13 to 18 in The UnitedStates, ProQuestDissertations and Theses.

Marindi, N., 2015,Hubungan antara kepuasan konsumendalam belanja dengan perilaku konsumtif pada mahasiswapsikologi universitas negeri Surabaya, JurnalOnlineUniversitas Negeri Surabaya 03 (2).

Mujiyana dan Ingge Elisaa, 2013.Analisis Faktor-faktor YangMempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet PadaTokoOnline, Depok, Jurnal Manajemen Vol 8, UniversitasGunadarma.

Prabowo dan Suwarsi,2009,Pengaruh Shopping Orientationsdan Gender Differences pada Online Information SearchdanOnline Purchase, Fokus Manajerial, Vol. 7, No. 2, 2009.

Priyatno, Duwi, 2010.Teknik Mudah dan Cepat MelakukanAnalisis Data Penelitian Dengan SPSS, Yogyakarta, PenerbitGaya Media.

Relawati dan Sukesi, 2011.Konsep dan Aplikasi PenelitianGender,Bandung, CV. Mutiara Indah.

Seock, Yoo-Kyoung., & Bailey, Lauren R, 2008.TheInfluence of College Students' Shopping Orientation and Gender Difference on Online Information Searches andPurchase Behavior. Internation Journal of Consumer Studies,p. 113-121.

Sihotang,2009.Kepercayaan dan dampaknya terhadapkepuasan belanja online di Pekanbaru, Jurnal Ekonomi, Vol.22, hal, 3.

Sugiyono, 2013.Metode Penelitisn Bisnis, Cetakan 17,Bandung, CV Alfabeta.

Suharyadi dan Purwanto, 2004,Statistika untuk Ekonomi &Keuangan Modern, Salemba Empat, Jakarta.

Published
2020-07-01
How to Cite
1.
Dwi Sudjanarti, Umi Khabibah, Tri Istining Wardani. PENGARUH ORIENTASI BELANJA DAN PERBEDAAN GENDER TERHADAP PENCARIAN INFORMASI ONLINE DAN BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MALANG. JABH [Internet]. 2020Jul.1 [cited 2024Mar.28];8(2):16-2. Available from: http://jabh.polinema.ac.id/index.php/ojs3/article/view/9